SILABUS PEMBELAJARAN
SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I
TUGAS
diajukan Untuk Memenuhi Salah
Satu Tugas Terstruktur
Pada
Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran
Oleh:
kELOMPOK
1
Yuli
Ely Hermanti : 2410.002
Rora
Tri Suryaningsih : 2410.010
Elfi
Wahyuni : 2410.017
Elmi
Juita : 2410.022
Rahma
Putri :
2410.027
Rizki
Jumiati : 2410.038
Fandi
Pratama : 2410.041
dosen Pembimbing:
M. Imamuddin,
M.Pd
dddd
OJURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2012 M/1433 H
Silabus
PEMBELAJARAN
Sekolah : .................................
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester : I (satu)
BILANGAN
Standar
Kompetensi : 1. Memahami sifat-sifat
operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1
Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
Bilangan Bulat
dan Bilangan Pecah
|
Melakukan
diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan)
Menyebutkan bilangan bulat
Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.
|
· Memberikan contoh bilangan bulat
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tulislah 5
bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10
|
1x40 menit
|
Buku teks
|
Membuat garis bilangan dan menentukan
letak bilangan bulat pada garis bilangan
|
· Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Letakkanlah
bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut!
|
1x40 menit
|
|||
Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah,
kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran
Mendiskusikan cara menentukan
sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan
positif dengan negatif
|
· Melakukan operasi tambah, kurang, kali,
dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
A.
Hitunglah
1.
4 + (-7) = .
2.
-3 –(-8) =.
3.
8x(-12)=.
4.
(-36):4=.
5.
-4 + 7 x -2 = .
B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140
buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan?
|
2x40 menit
|
|||
|
|
Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan
pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga.
|
· Menghitung kuadrat dan pangkat tiga
bilangan bulat.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Berapakah
a. (-5)
b. 43
c.
d.
|
2x40 menit
|
|
Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan
Menyebutkan bilangan pecahan.
Membuat garis bilangan dan menentukan
letak bilangan pecahan pada garis bilangan.
|
· Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan
pecahan :biasa, campuran desimal, persen.
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Tulislah beberapa contoh bilangan
pecahan masing-masing dalam bentuk:
a. Pecahan biasa
b. Desimal
c. persen.
|
1x40 menit
|
|||
Mendiskusikan bilangan pecahan senilai
Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan
ke bentuk pecahan yang lain.
|
· Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
· Mengurutkan bilangan bentuk pecahan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1. Ubahlah
bilangan 1
2. Ubahlah
bilangan 0,75 dalam bentuk persen dan pecahan biasa.
3. Urutkan
pecahan berikut dari yang terkecil.
|
2x40 menit
|
|||
Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali,
bagi bilangan pecahan.
Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang
panjangnya 0,000001 mikron).
Mendiskusikan cara membulatkan bilangan
pecahan sampai satu atau dua desimal.
|
· Menyelesaikan operasi hitung tambah,
kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Hitunglah:
1. . 2,5
+ 3,75 = .
2.
21,2 - 9,85 =
3. 1 ½
x 2/3 = .
4. ¾
: ½ = .
5. 1,25 +1
|
4x40 menit
|
|||
1.2 Menggunakan sifat-sifat opera-si hitung
bilangan bulat dan pecahan dalam pe-mecahan masalah.
|
Bilangan Bulat
dan Bilangan Pecah
|
Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi
tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan)
|
· Menemukan sifat-sifat operasi tambah,
kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Isilah titik-titik berikut ini
1. a. 9 + 6 =
b. 6 + 9 =
Jadi 9 + 6 = .+ .
Apa yang dapat kamu simpulkan.
2. a. 3 x (5 x 4) =
b. (3
x 5) x 4 = .
Jadi 3
x (5 x 4) = (.x.) x .
Apa yang dapat kamu simpulkan.
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan,
pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan dan penarikan akar pada
operasi campuran.
|
· Menggunakan sifat-sifat operasi tambah,
kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran bilangan bulat
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Hasil dari:
|
2x40 menit
|
|||
Melakukan diskusi cara menggunakan operasi hitung tambah,
kurang, kali atau bagi dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat
|
· Menggunakan sifat-sifat operasi bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Pada hari Sabtu Candra memberi kelereng
pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra
memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua
kelereng yang diberikan Candra kepada Aan, Yudha, dan Novan?
|
2x40 menit
|
|||
Melakukan diskusi cara menggunakan operasi hitung tambah,
kurang, kali atau bagi dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan.
|
· Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya
dalam kejadian sehari-hari.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dalam sebuah karung beras ada 25 kg
beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari
masing-masing orang tersebut?
|
3x40 menit
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab (
responsibility )
|
Silabus
PEMBELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar,
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Mengenali bentuk aljabar
dan unsur unsurnya
|
Bentuk aljabar
|
Mendiskusikan pengertian bentuk
aljabar
Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku sejenis
|
· Menjelaskan pengertian, koefisien,
variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
1. Dari bentuk aljabar 2x + 3, manakah yang merupakan koefisien,
variabel dan manakah yang merupakan konstanta?
2. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.
|
2x40 menit
|
Buku Teks, lingkungan
|
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
|
Bentuk aljabar
|
Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan
pangkat pada bentuk aljabar.
|
· Melakukan operasi hitung, tambah,
kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Hitunglah:
1. 2x+3+ 5x-6
2. 4xy
3. (4x)2 : 2x
|
4x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
Menggunakan sifat operasi hitung untuk menyelesaikan
soal yang dinyatakan dalam bentuk aljabar.
Melakukan operasi
hitung pada pecahan biasa untuk menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku
|
· Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Suatu persegipanjang, panjang 2x cm, lebar 3x
cm. Nyatakan luas dan kelilingnya dalam x.
|
2x40 menit
|
|||
2.3.Menyele-saikan per-samaan linear satu variabel.
|
Persamaan linear satu variabel.
|
Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan
variabel
|
· Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk
dan variabel
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Manakah yang merupakah PLSV?
a.
2x
= 5
b. 5y
c.
9g
– 4 = 10
d. 6 – 5m = 2
e.
2x²
= 18
|
1x40 menit
|
Buku teks
|
|
|
Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari
PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,
dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan
bilangan yang sama
|
· Menentukan bentuk setara dari PLSV
dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan
bilangan yang sama
|
Tes tertulis
|
Pilihan
ganda
|
Manakah yang setara dengan
-5x + 2 = 4?
a. 5x – 2 = -4
b. 10x + 4 = 8
c. -10x – 4 = 8
d. 10x – 4 = -8
|
2x40 menit
|
|
Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya
|
· Menentukan penyelesaian PLSV
· Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikanlah persamaan berikut
a.
5y
– 12 = 8.
b.
|
2x40 menit
|
|||
2.4 Menyele-saikan per-tidaksama-an linear satu
variabel.
|
Pertidaksama- an linear satu variabel.
|
Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu
variabel dalam berbagai bentuk dan variabel.
|
· Menjelaskan PtLSV dalam berbagai
bentuk dan variabel
|
Tes lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Manakah yang merupakan PtLSV?
a. 3a
+ 5 > 2
b. -4h
+ 4 ≤ 5
c. 8x -7 = 10
d. 5y ≥ 10
e.
3 > -5
|
1x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari
PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah
, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
|
· Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas
ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
|
Tes tertulis
|
Plihan ganda
|
Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah
a. 5x – 7 ≥ 9
b. 6x + 8 ≥ 10
c. 3x – 4 ≥ 5
d. -3x + 4 ≥ -5
|
2x40 menit
|
|||
Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan
|
· Menentukan penyelesaian PtLSV
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikanlah
3m – 2 ≤ 10.
|
2x40 menit
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab (
responsibility )
|
Silabus
PEMBELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (satu)
Standar Kompetensi: 3. Menggunakan bentuk aljabar,
persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Membuat ma-tematika dari
masalah yang ber-kaitan dengan persamaan dan perti-daksama-an linear satu
variabel.
|
Persamaan dan pertidak-samaan linear satu variabel.
|
Mendiskusikan matematika
Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk
persamaan linear satu variabel
|
· Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan
linear satu variabel
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
sugi membeli 3 kg
gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima
uang kembalian sebesar Rp3.500,00.
Nyatakanlah ke dalam matematika jika harga gula x rupiah setiap kg.
|
2x40 menit
|
Buku teks,
lingkungan
|
Membuat matematika suatu masalah sehari-hari
dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel
|
· Mengubah masalah kedalam matematika
berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Umur daryono 5
tahun mendatang lebih dari
20 tahun. Nyatakanlah ke dalam matematika, jika umur daryono x tahun.
|
1x40 menit
|
|||
3.2 Menyele-saikan mo-del
mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan linear satu
variabel.
|
Persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke
dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
|
· Menyelesaikan matematika suatu masalah yang berkaitan dengan
persamaan linear satu variabel
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda
|
ijul membeli 2
buku. Uang ijul sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar
Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah
a.
Rp2.000,00
b. Rp3.000,00
c.
Rp4.000,00
d. Rp6.000,00
|
2x40 menit
|
Buku teks,
lingkungan
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah
ke dalam matematika berbentuk pertidaksamaan
linear satu variabel
|
· Menyelesaikan matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear
satu variabel
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda
|
Umur dwi 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur dwi sekarang:
A. kurang dari 28 tahun
B. 28 tahun
C. 25 tahun
D. 22 tahun
|
2x40 menit
|
|||
3.3 Menguna-kan konsep
aljabar da-lam peme-cahan ma-salah arit-metika so-sial yang sederhana.
|
Perbandingan dan aritmetika sosial.
|
Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari
(jual beli)
Mendiskusikan pengertian dan menghitung nilai
keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian.
|
· Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai
sebagian.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga 1 lusin pensil adalah Rp18.000,00.
a. Berapakah harga 1 buah pensil?
b. Berapakah harga 5 buah pensil?
|
2x40 menit
|
Buku teks, uang, barang-barang yang biasa
diper-jualbelikan, bank.
|
Mendiskusikan dan menghitung besar laba,
persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam
kegiatan ekonomi
|
· Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual,
harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda
|
Seorang pedagang, Pak Rifki menjual
sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki
mengambil untung sebesar 10%.
Harga beli televisi itu adalah:
a. Rp1.815.000,00
b. Rp1.600.000,00
c. Rp1.500.000,00
d. Rp1.485.000,00
|
2x40 menit
|
|||
3.4
Mengguna- kan per-bandingan untuk pe-mecahan masalah.
|
Perbandingan
|
Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu
perbandingan.
Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala.
|
· Menjelaskan pengertian skala sebagai
suatu perbandingan.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Pada suatu peta tertulis:
skala 1 : 100.000.
Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut?
|
1x40 menit
|
Buku teks,
peta, foto
|
Mengidentifikasi faktor pembesaran dan
pengecilan pada gambar berskala.
Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan
pengecilan pada gambar berskala.
|
· Menghitung faktor perbesaran dan
pengecilan pada gambar berskala.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar
sepanjang 5 cm. Berapakah faktor
pengecilannya?
|
2x40 menit
|
|||
|
|
Mendiskusikan perbandingan seharga (senilai)
dan berbalik harga (nilai).
Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari
yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai).
|
· Memberikan contoh masalah sehari-hari
yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Berilah contoh
dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan:
a. perbandingan senilai
b. perbandingan berbalik nilai
|
2x40 menit
|
|
Menggunakan perbandingan seharga (senilai) dan
berbalik harga (nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari
|
· Menyelesaikan soal yang melibatkan
perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Pembangunan
sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau
dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung
tersebut adalah
|
2x40 menit
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Keterangan:
Sesuai
Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan
pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( .........................................................
)
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.
( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar