Kamis, 17 Januari 2013

Silabus SMP Kelas VII Semester I


SILABUS PEMBELAJARAN
SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I
                                                                                 
TUGAS


diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Terstruktur
Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran





Oleh:
kELOMPOK 1

Yuli Ely Hermanti                   : 2410.002
Rora Tri Suryaningsih   : 2410.010
Elfi Wahyuni                 : 2410.017
Elmi Juita                      : 2410.022
Rahma Putri                            : 2410.027
Rizki Jumiati                  : 2410.038
Fandi Pratama                : 2410.041


dosen Pembimbing:
M. Imamuddin, M.Pd
dddd

OJURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN  MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2012 M/1433 H



Silabus PEMBELAJARAN



Sekolah                 : .................................
Kelas                     : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester               : I (satu)
BILANGAN
Standar Kompetensi : 1.  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.1              Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan


Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

Melakukan  diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan)
Menyebutkan bilangan bulat
Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.
·   Memberikan contoh bilangan bulat



Tes tertulis
Uraian
Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10

1x40 menit
Buku teks
Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
·   Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
Tes tertulis
Uraian
Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut!
1x40 menit
Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran
Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif
·   Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.

Tes tertulis
Uraian
A. Hitunglah
    1. 4 + (-7) = .
    2. -3 –(-8) =.
    3. 8x(-12)=.
    4. (-36):4=.
    5. -4 + 7 x -2 = .
B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan?
2x40 menit


Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga.
·   Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.

Tes tertulis
Uraian
Berapakah
 a. (-5)               
 b.  43  
 c.  
 d.
2x40 menit

Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan
Menyebutkan bilangan pecahan.
Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan.
·   Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen.

Tes tertulis
Isian singkat
Tulislah beberapa contoh bilangan pecahan masing-masing dalam bentuk:
a. Pecahan biasa
b. Desimal
c. persen.
1x40 menit
Mendiskusikan bilangan pecahan senilai
Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
·   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
·   Mengurutkan bilangan bentuk pecahan
Tes tertulis
Uraian
1. Ubahlah bilangan 1  dalam bentuk desimal dan persen
2. Ubahlah bilangan 0,75 dalam bentuk  persen dan pecahan biasa.
3. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil.
2x40 menit
Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.
Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron).
Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal.
·   Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.
Tes tertulis
Uraian
Hitunglah:
1. . 2,5  +  3,75 = .
2.  21,2  -  9,85 =
3. 1 ½  x  2/3 = .
4. ¾  :  ½  = .
5. 1,25 +1 = .
4x40 menit
1.2  Menggunakan sifat-sifat opera-si hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pe-mecahan masalah.
Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan)

·   Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.

Tes tertulis
Uraian
Isilah titik-titik berikut ini
1.    a. 9 + 6 = 
     b. 6 + 9 =
   Jadi 9 + 6 = .+ .
Apa yang dapat kamu simpulkan.
2.    a. 3 x (5 x 4) =
     b. (3 x 5) x 4 = .
   Jadi 3 x (5 x 4) = (.x.) x .
Apa yang dapat kamu simpulkan.
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menyelesaikan masalah  dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan dan penarikan akar pada operasi campuran.
·   Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
Tes tertulis
Uraian

Hasil dari:
=

2x40 menit
Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat
·   Menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Tes tertulis
Uraian






Pada hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan, Yudha, dan Novan?
2x40 menit
Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan.
·   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.
Tes tertulis
Uraian
Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut?
3x40 menit
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Silabus PEMBELAJARAN



Sekolah                 : .................................
Kelas                     : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester               : I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi 
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
Bentuk aljabar

Mendiskusikan pengertian bentuk aljabar

Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku sejenis
·   Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
1. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.
2x40 menit
Buku Teks, lingkungan
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
Bentuk aljabar
Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
·   Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
Tes tertulis
Uraian


Hitunglah:
1. 2x+3+ 5x-6
2. 4xy  2x
3. (4x)2 : 2x
4x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menggunakan sifat operasi hitung  untuk menyelesaikan soal yang dinyatakan dalam bentuk aljabar.
Melakukan operasi  hitung pada pecahan biasa untuk menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku
·   Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

Tes tertulis
Uraian


Suatu persegipanjang, panjang 2x cm, lebar 3x cm. Nyatakan luas dan kelilingnya dalam x.
2x40 menit
2.3.Menyele-saikan per-samaan linear satu variabel.
Persamaan linear satu variabel.
Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

·   Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Manakah yang merupakah PLSV?
a.        2x = 5
b.       5y
c.        9g – 4 = 10
d.       6 – 5m = 2
e.        2x² = 18
1x40 menit
Buku teks


Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama
·   Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
Tes tertulis
Pilihan    ganda
Manakah yang setara dengan
-5x + 2 = 4?
a. 5x – 2 = -4
b. 10x + 4 = 8
c. -10x – 4 = 8
d. 10x – 4 = -8
2x40 menit

Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya

·   Menentukan penyelesaian PLSV
·   Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan
Tes tertulis
Uraian
Selesaikanlah persamaan berikut
a.                 5y – 12 = 8.
b.                
2x40 menit
2.4 Menyele-saikan per-tidaksama-an linear satu variabel.

Pertidaksama- an linear satu variabel.
Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel.

·   Menjelaskan PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

Tes lisan
Daftar Pertanyaan
Manakah yang merupakan PtLSV?
a.   3a + 5 > 2
b.   -4h + 4 ≤ 5
c.       8x -7 = 10
d.      5y ≥ 10
e.   3 > -5
1x40 menit
Buku teks, lingkungan
Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
·   Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
Tes tertulis
 Plihan ganda
Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah
a.       5x – 7 ≥ 9
b.      6x + 8 ≥ 10
c.       3x – 4 ≥ 5
d.      -3x + 4 ≥ -5
2x40 menit
Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan
·   Menentukan penyelesaian PtLSV
Tes tertulis
Uraian
Selesaikanlah  3m – 2 ≤ 10.
2x40 menit
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


Silabus PEMBELAJARAN


Sekolah                 : .................................
Kelas                     : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester               : I (satu)
Standar Kompetensi: 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi 
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
3.1 Membuat ma-tematika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan dan perti-daksama-an linear satu variabel.
Persamaan dan pertidak-samaan linear satu variabel.
Mendiskusikan matematika
Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
·   Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

Tes tertulis
 Uraian
sugi membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00.
Nyatakanlah ke dalam matematika jika harga gula x rupiah setiap kg.
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Membuat matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel

·   Mengubah masalah kedalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
Tes tertulis
 Uraian
Umur daryono 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun. Nyatakanlah ke dalam matematika, jika umur daryono x tahun.
1x40 menit
3.2 Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan linear satu variabel.
Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
·   Menyelesaikan matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
Tes tertulis
Tes pilihan ganda
ijul membeli 2 buku. Uang ijul sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah
a.     Rp2.000,00
b.    Rp3.000,00
c.     Rp4.000,00
d.    Rp6.000,00
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
·   Menyelesaikan  matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
Tes tertulis
Tes pilihan ganda
Umur dwi 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur dwi sekarang:
A.    kurang dari 28 tahun
B.     28 tahun
C.     25 tahun
D.    22 tahun
2x40 menit
3.3 Menguna-kan konsep aljabar da-lam peme-cahan ma-salah arit-metika so-sial yang sederhana.
Perbandingan dan aritmetika sosial.
Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli)
Mendiskusikan pengertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian.
·   Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.

Tes tertulis
Uraian
Harga 1 lusin pensil adalah Rp18.000,00.
a.   Berapakah harga 1 buah pensil?
b.   Berapakah harga 5 buah pensil?
2x40 menit
Buku teks, uang, barang-barang yang biasa diper-jualbelikan, bank.
Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

·   Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

Tes tertulis
Tes pilihan ganda
Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%.
Harga beli televisi itu adalah:
a.       Rp1.815.000,00
b.      Rp1.600.000,00
c.       Rp1.500.000,00
d.      Rp1.485.000,00
2x40 menit
3.4 Mengguna- kan per-bandingan untuk pe-mecahan masalah.
Perbandingan
Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala.
·   Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

Tes tertulis
Uraian
Pada suatu peta tertulis:
        skala 1 : 100.000.
Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut?
1x40 menit
Buku teks, peta, foto
Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
·   Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

Tes tertulis
Uraian
Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya?
2x40 menit



Mendiskusikan perbandingan seharga (senilai) dan  berbalik harga (nilai).
Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai).
·   Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

Tes tulis
Uraian
Berilah contoh dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan:
a.       perbandingan senilai
b.      perbandingan berbalik nilai
2x40 menit

Menggunakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari
·   Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
Tes tertulis
Uraian
Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah
2x40 menit
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Keterangan:
  Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan,  inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar