RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
(Tujuh)
Semester : I (Satu)
Materi Pokok : Perbandingan
Alokasi
Waktu : 7 jam pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 3 x pertemuan
Standar Kompetensi :
Aljabar
3.
menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel untuk
pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
:
3.4 menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah.
Indikator :
·
Menjelaskan
pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
·
Menghitung
faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
·
Memberikan
contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan
berbalik harga(nilai)
·
Menyelesaikan
soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
Pertemuan I
A.
Tujuan
Pembelajaran
-
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
B.
Karakter
siswa yang diharapkan :
-
Disiplin (Discipline)
-
Rasa hormat dan
perhatian (respect)
-
Tekun (dilligent)
-
Tanggung jawab
(responsibility)
C.
Metode
Pembelajaran
-
Kooperatife tipe STAD
D.
Materi
Ajar
Perbandingan
Untuk
mendapatkan gambaran tentang suatu letak suatu kota, gunung, sungai, dan
lain-lain pada suatu wilayah atau pulau tertentu, dibuatlah suatu gambar yang
mewakili keadaan sebenarnya. Agar gambar dengan keadaan sebenarnya memiliki
bentuk yang sesuai, maka gambar itu dibuat dengn perbandingan tertentu yang
disebut skala. Gambar – gambar yang disebut dengan menggunakan skala
diantaranya adalah peta dan denah.
Misalkan
pada peta tertulis skala 1 : 3.800.000, artinya tiap 1 cm pada peta ( gambar )
mewaikili 3.800.000 cm jarak sebenrnya. Dengan demikian, skala adalah
perbandingan antara (gambar) dengan jarak sebenarnya.
Skala 1 : n artinya setiap 1 cm jarak
pada peta atau gambar mewakili n cm jarak sebenarnya.
Skala
=
Dalam
membandingkan dua besaran, besaran-besaran tersebut harus merupakan besaran
yang sejenis, artinya harus mempunyai satuan yang sama.
Hasil perbandingan kedua besaran
merupakan suatu bilangan dalam bentuk paling sederhana, yaitu
atau a : b dibaca a berbanding b, dengan a dan b merupakan bilangan
positif, misalnya 1m : 25 cm = 4:1
Perbandingan
antara a dan b dengan b
adalah a:b atau
,
dibaca a berbanding b.
Untuk menyederhanakan suatu perbandingna,
dapat digunakan cara seperti menyederhanakan pecahan.
E. Alokasi Waktu
-
3x
40 Menit
F.
Langkah
– langkah pembelajaran
TAHAP
|
LANGKAH KEGIATAN
|
AKTIFITAS SISWA
|
WAKTU
|
1. Kegiatan
awal
· Menyiapkan
peserta didik
·
Menyampaikan batasan
pelajaran
·
Menyampaikan tujuan
pelajaran
|
·
Salam, do’a, baca
Al-qur’an, dan
Absensi
·
Memusatkan perhatian
· Guru
memberikan batasan materi
pelajaran
yaitu menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan menghitung perbesaran dan pengecilan pada gambar
berskala
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
· Peserta
didik membaca dan mendengarkan
· Peserta
didik melaksanakan perintah guru
· Peserta
didik
mendengarkan
dan memperhatikan
· Peserta
didik mendengarkan dan memperhatikan
|
10 menit
|
Apersepsi
|
·
Guru mengaitkan
materi terdahulu yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
|
·
Peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan guru
|
|
Motivasi
|
·
Guru menyampaikan
bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat memahami
peljaran
|
·
Peserta didik
memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan
|
|
Menjelaskan cara
pembelajaran
|
·
Guru menjelaskan cara
belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD
|
·
Siswa mendengarkan
dan memperhatikan guru
|
|
2.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
|
·
Guru meminta peserta
didik membaca bahan pelajaran terkait materi yang akan dipelajari
·
Guru menjelaskan
materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kepada siswa mengenai
pengertian skala sebagai suatu perbandingan dan menghitung perbesaran dan pengecilan pada gambar
berskala
·
Guru membimbing
peserta didik dalam kelompok heterogen yang beranggotakan 3-5 orang
|
· peserta
didik membaca pelajaran pada buku sumber
·
peserta didik
mendengarkan dan mencatat materi
·
peserta didik duduk
dalam kelompok masing-masing
|
35 menit
|
Ø Elaborasi
|
·
guru mebimbing
peserta didik dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materiyang telah
diberikan secara terbatas
·
guru memberikan tes
yang sifatnya individual
·
guru mengumpulkan
hasil tes
·
guru bersama peserta
didik membahas soal tes
|
·
peserta didik saling
membantu untuk memperdalam meteri yang telah diberikan dalam kelompoknya
·
peserta didik mengerjakan
tes secara individual
·
peserta didik mengumpulkan
hasil tes
·
siswa secara aktif
membahas soal
|
40 menit
|
·
Konfirmasi
|
·
guru memberikan tanggapan
atas jawaban peserta didik
·
guru memberi
penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai pningkatan individual dari skor
berdasarkan skor kuis
·
guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai
materi yang dianggap sulit
·
guru memberikan umpan
balik kepada peserta didik dengan memberikan jawaban dan penguatan
·
guru memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran
·
guru mengumumkan
rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada
pertemuan selanjutnya
|
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
peserta didik mendengarkan
dan memperhatikan
·
peserta didik bertanya
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
Siswa mendengarkan
dan memperhatikan
|
25 menit
|
3. kegiatan
Akhir
|
·
guru membimbing
peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
guru memberikan
pekerjaan rumah kepada peserts didik untuk pemantapan materi
·
guru meminta peserta didik
untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya
|
·
peserts didik bersama
guru meyimpulkan materi
·
peserts didik
mendengarkan dan mencatat tugas
·
peserts didik mempelajari
materi berikutnya
|
15 menit
|
G.
Sarana dan Sumber
Belajar
- Sarana
dan prsarana: Alat-alat tulis
- Sumber
belajar:
·
Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,
·
Buku
referensi lain.
H.
Penilaian
1. Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2. Prosedur :
a. Penilaian dalam proses
belajar.
b. Penilaian
pada akhir pembelajaran.
I.
Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Menjelaskan
pengertian skala sebagai suatu perbandingan
·
Menghitung faktor
perbesaran dan pengecilan pada gambarberskala
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
·
Pada suatu peta
tertulis :
Skala 1:100.000
Apakah arti skala 1:100.000
tersebut?
·
Suatu jalan yang
panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 scm. Berapakah faktor pengecilannya?
|
Pertemuan II
A.
Tujuan
Pembelajaran
-
Peserta didik dapat
menjelaskan memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan
seharga (senilai) dan berbalik harga(nilai)
B.
Karakter
siswa yang diharapkan :
-
Disiplin (Discipline)
-
Rasa hormat dan
perhatian (respect)
-
Tekun (dilligent)
-
Tanggung jawab
(responsibility)
C.
Metode
Pembelajaran
-
Kooperatife tipe STAD
D.
Materi
Ajar
Perbandingan
seharga dan berbalik harga
a. Perkalian
silang
Jika
=
dengan q,
, y
maka p
y
= q
x.
b. Suku tepi dan suku tengah
Pada perbandingan p:q=x:y dengan q, y
0, berlaku:
hasil perkalian suku tepi= hasil
perkalian suku tengah
jadi jika p:q=x:y, maka p
1.
Perbandingan berbalik
harga
Untuk mendapatkan perbandingan a : b yang
berbalik harga denagan x : y dapat digunakan perbandingan berikut:
a
: b =
:
E.
Alokasi
Waktu
-
2x 40 Menit
F.
Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
|
LANGKAH
KEGIATAN
|
AKTIFITAS
SISWA
|
WAKTU
|
1. Kegiatan
awal
·
Menyiapkan peserta
didik
·
Menyampaikan batasan
pelajaran
·
Menyampaikan tujuan
pelajaran
|
·
Salam, do’a, baca
Al-qur’an, dan
Absensi
·
Memusatkan perhatian
·
Guru memberikan
batasan materi
pelajaran yaitu memberikan contoh
masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan
berbalik harga (nilai)
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
·
Peserta didik membaca
dan mendengarkan
·
Peserta didik
melaksanakan perintah guru
·
Peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
Peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
|
10 menit
|
Apersepsi
|
·
Guru mengaitkan
materi terdahulu yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
|
·
Peserta didik mendengarkan
dan memperhatikan guru
|
|
Motivasi
|
·
Guru menyampaikan
bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat memahami
peljaran
|
·
Peserta didik
memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan
|
|
Menjelaskan cara pembelajaran
|
Guru menjelaskan cara belajar
dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD
|
Siswa mendengarkan dan
memperhatikan guru
|
|
2.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
|
·
Guru meminta peserta
didik membaca bahan pelajaran terkait materi yang akan dipelajari
·
Guru menjelaskan
materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kepada siswa mengenai
contoh sehari-hari yang merupakan
·
Guru membimbing
peserta didik dalam perbandingan
seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
|
·
peserta didik membaca
pelajaran pada buku sumber
·
peserta didik
mendengarkan dan mencatat materi
·
peserta didik duduk
dalam kelompok masing-masing
|
13 menit
|
·
Elaborasi
|
·
guru mebimbing
peserta didik dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materiyang telah
diberikan secara terbatas
·
guru memberikan tes
yang sifatnya individual
·
guru mengumpulkan
hasil tes
·
guru bersama peserta
didik membahas soal tes
|
·
peserta didik saling
membantu untuk memperdalam meteri yang telah diberikan dalam kelompoknya
·
peserta didik
mengerjakan tes secara individual
·
peserta didik
mengumpulkan hasil tes
·
siswa secara aktif
membahas soal
|
35 menit
|
·
Konfirmasi
|
·
guru memberikan
tanggapan atas jawaban peserta didik
·
guru memberi
penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai pningkatan individual dari skor berdasarkan
skor kuis
·
guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai
materi yang dianggap sulit
·
guru memberikan umpan
balik kepada peserta didik dengan memberikan jawaban dan penguatan
·
guru memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran
|
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
peserta didik
bertanya
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
peserta didik mendengarkan
dan memperhatikan
|
15 menit
|
3. kegiatan
Akhir
|
·
guru membimbing
peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
guru memberikan
pekerjaan rumah kepada peserts didik untuk pemantapan materi
·
guru meminta peserta
didik untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya
|
·
peserts didik bersama
guru meyimpulkan materi
·
peserts didik
mendengarkan dan mencatat tugas
·
peserts didik
mempelajari materi berikutnya
|
10 menit
|
G.
Sarana dan Sumber
Belajar
- Sarana
dan prsarana: Alat-alat tulis
- Sumber
belajar:
·
Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,
·
Buku
referensi lain.
H. Penilaian
1. Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2. Prosedur :
a. Penilaian dalam proses
belajar.
b. Penilaian
pada akhir pembelajaran.
I.
Contoh
Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Memberikan contoh
masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan
berbalik harga(nilai)
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
·
Berilah contoh dalam
kehidupan sehari-hari yang merupakan:
a. Perbandingan
senilai
b. Perbandingan
bebalik nilai
|
Pertemuan III
A.
Tujuan
Pembelajaran
-
Peserta didik dapat
menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik
harga (nilai)
B.
Karakter
siswa yang diharapkan :
-
Disiplin (Discipline)
-
Rasa hormat dan
perhatian (respect)
-
Tekun (dilligent)
-
Tanggung jawab
(responsibility)
C.
Metode
Pembelajaran
-
Kooperatife tipe STAD
D.
Materi
Ajar
Menyelesaikan
soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
1. Pengunaan
perbandingan seharga (senilai)
Banyak kemeja
|
Harga (dalam rupiah)
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
X
|
45.000
90.000
135.000
180.000
225.000
Y
|
Baris ke-1
Baris ke -2
Baris ke -3
Baris ke -4
Baris ke -5
Baris ke -6
|
Tabel
diatas menunjukan pemasangan satu-satu antara banyak kemeja dengan harganya.
Harga untuk setiap kemeja selalu sama pada setiap baris, yaitu:
Pada
tabel, banyak kemeja dan harganya selalu bertambah atau berkurang dengan
perbandingan yang sama, sehingga antara banyak kemeja dan harga merupakan
perbandingan seharga (senilai).
2. Pengunaan
perbandingan berbalik harga (berbalik nilai)
Banyak kemeja
|
Harga (dalam rupiah)
|
Keterangan
|
16
8
10
12
A
|
20
15
12
10
B
|
Baris ke-1
Baris ke -2
Baris ke -3
Baris ke -4
Baris ke -5
|
Tabel
diatas menunjukan pemasangan satu-satu antara ternak dengan banyak hari untuk
menghabiskan persediaan makanan dalam jumlah yang sama. Hasil kali antara
banyak ternak dengan banyak hari selalu sama dalam tiap baris, yaitu:
6 x 20 = 8 x 15 = 10 x 12 = 12 x 10= a x
b =120
Karena
hasil kalina sama, jika banyak ternak dikalikan
, maka banyak hari yang diperlukan harus
dikalikan dengan kebalikannya, yaitu
. alam hal ini dikatakan bahwa
perbandingan banyak ternak dan perbandingan banyak hari merupakan perbandingan
berbalik harga atau berbalik nilai.
E.
Alokasi
Waktu
-
2x 40 Menit
F. Langkah-langkah
Kegiatan
TAHAP
|
LANGKAH
KEGIATAN
|
AKTIFITAS
SISWA
|
WAKTU
|
4. Kegiatan
awal
·
Menyiapkan peserta
didik
·
Menyampaikan batasan
pelajaran
·
Menyampaikan tujuan
pelajaran
|
·
Salam, do’a, baca
Al-qur’an, dan
Absensi
·
Memusatkan perhatian
·
Guru memberikan
batasan materi
pelajaran yaitu menyelesaikan
soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga
(nilai)
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
·
Peserta didik membaca
dan mendengarkan
·
Peserta didik
melaksanakan perintah guru
·
Peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
Peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
|
10 menit
|
Apersepsi
|
·
Guru mengaitkan
materi terdahulu yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
|
·
Peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan guru
|
|
Motivasi
|
·
Guru menyampaikan
bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat memahami
peljaran
|
·
Peserta didik
memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan
|
|
Menjelaskan cara
pembelajaran
|
·
Guru menjelaskan cara
belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD
|
·
Siswa mendengarkan
dan memperhatikan guru
|
|
5.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
|
·
Guru meminta peserta
didik membaca bahan pelajaran terkait materi yang akan dipelajari
·
Guru menjelaskan
materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kepada siswa mengenai
menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan
berbalik harga (nilai)
·
Guru membimbing
peserta didik dalam kelompok heterogen yang beranggotakan 3-5 orang
|
·
peserta didik membaca
pelajaran pada buku sumber
·
peserta didik
mendengarkan dan mencatat materi
·
peserta didik duduk
dalam kelompok masing-masing
|
13 menit
|
·
Elaborasi
|
·
guru mebimbing
peserta didik dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materiyang telah
diberikan secara terbatas
·
guru memberikan tes
yang sifatnya individual
·
guru mengumpulkan
hasil tes
·
guru bersama peserta
didik membahas soal tes
|
·
peserta didik saling membantu
untuk memperdalam meteri yang telah diberikan dalam kelompoknya
·
peserta didik
mengerjakan tes secara individual
·
peserta didik
mengumpulkan hasil tes
·
siswa secara aktif
membahas soal
|
35 menit
|
·
Konfirmasi
|
·
guru memberikan
tanggapan atas jawaban peserta didik
·
guru memberi
penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai pningkatan individual dari skor
berdasarkan skor kuis
·
guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai
materi yang dianggap sulit
·
guru memberikan umpan
balik kepada peserta didik dengan memberikan jawaban dan penguatan
·
guru memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran
|
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
peserta didik
bertanya
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
·
peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan
|
15 menit
|
6. kegiatan
Akhir
|
·
guru membimbing
peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
guru memberikan pekerjaan
rumah kepada peserts didik untuk pemantapan materi
·
guru meminta peserta
didik untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya
|
·
peserts didik bersama
guru meyimpulkan materi
·
peserts didik
mendengarkan dan mencatat tugas
·
peserts didik
mempelajari materi berikutnya
|
10 menit
|
G.
Sarana dan Sumber
Belajar
- Sarana
dan prsarana: Alat-alat tulis
- Sumber
belajar:
·
Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,
·
Buku
referensi lain.
H.
Penilaian
1. Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2. Prosedur :
a. Penilaian dalam proses
belajar.
b. Penilaian
pada akhir pembelajaran.
I.
Contoh
Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Menyelesaikan soal yang melibatkan
perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
·
Pembangunan sebuah
gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang.Kalau dikerjakan
oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung
tersebut......
·
Pada peta propinsi
Jambi tertulis skala 1:5.200.000.
Apakah arti skala 1:5.200.000
tersebut?
·
Pagar yang tingginya
150 cm mempunyai panjang bayangannya 3 m. Bila panjang bayangan sebuah
bendera 3,5 m, tentukan faktor pengecilannya.
·
Jika sebuah kaos
harganya Rp 25.000, maka 2 buah kaos harganya Rp 50.000. pernyataan tersebut
merupakan:
a. Perbandingan
senilai
b. Perbandingan
berbalik nilai
·
Sebuah truk dapat
mengangkatgula sebanyak 356 karung. Satu karung gula beratnya 50 kg. Jika
satu karung beras yang dapat diangkut oleh truk tersebut?
·
Skala dari model gedung
adalah 1:200. Jika tinggi gedung pada model itu 12,5 cm, maka tinggi gedung
pada model itu 12,5 cm, maka tinggi gedung sebenarnya adalah.....
·
Perbandingan luas dua
lingkaran adalah 9:16. Perbandingan keliling kedua lingkaran itu adalah......
a. 3:4
b. 9:16
c. 6:8
s12:20
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar