RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : .............................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : I (Satu)
Materi
Pokok : Bilangan
Alokasi
Waktu : 9 jam pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 4 x pertemuan
Standar Kompetensi : ALJABAR
3. Menggunakan bentuk aljabar persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar:
3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam
pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana.
Indikator :
1. Menghitung nilai
keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian.
2. Menentukan besar dan persentase
laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan
ekonomi.
Pertemuan I
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat menghitung nilai keseluruhan, nilai
perunit, dan nilai sebagian.
B. Karakter
siswa yang diharapkan :
-
Disiplin ( Discipline
)
-
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-
Tekun ( diligence
)
-
Tanggung jawab ( responsibility
)
C.
Metode Pembelajaran
-
Strategi Kooperatife Tipe STAD
D. Materi
Ajar
Misalkan kamu membeli satu kodi sarung
yang berisi 20 helai dengan harga Rp. 400.000,00, pasti kamu
akan bertanya berapa harga sehelainya? Harga sehelai sarung
merupakan hargasatuan atau harga per unit. Harga satu kodi sarung
merupakan nilai keseluruhan sarung
yang kalian beli. Bila harga satuan sudah diketahui, maka kamu dapat mencari
harga atau nilai sebagian dari
sarung yang kamu beli, misalkan harga 5 helai sarung.
Nilai keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian mempunyai
suatu hubungan, yaitu:
Nilai Keseluruhan = banyak unit nilai perunit
Nilai Perunit =
Nilai
sebagian = banyak sebagian unit nilai perunit
|
E. Alokasi
Waktu
-
2 x 40 Menit
F. Langkah-langkah
Kegiatan
TAHAP
|
LANGKAH KEGIATAN
|
AKTIFITAS SISWA
|
WAKTU
|
1.
Kegiatan
awal
· Menyiapkan
siswa
· Menyampaikan
batasan pelajaran
· Menyampaikan
tujuan pelajaran
· Apersepsi
· Motivasi
· Menjelaskan
cara pembelajaran
|
· Salam,
doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru
memusatkan perhatian siswa
· Guru
memberikan batasan materi pelajaran yaitu menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru
mengingatkatkan
materi tentang menyelesaikan matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear
satu variabel yang telah dipelajari siswa sebelumnya
·
Guru menyampaikan bahwa apabila
materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat
menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian.
· Guru
menjelaskan cara
belajar dengan pembelajaran
kooperatif tipe STAD
|
· Siswa
membaca dan
Mendengarkan
· Siswa
melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
guru
· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan
mengikuti hal-hal yang disampaikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
guru
|
10 menit
|
2.
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
|
· Guru
meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi
pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai nilai keseluruhan, nilai perunit, dan nilai
sebagian
· Guru
membagi siswa dalam
kelompok
heterogen yang beranggotakan 3 - 5
siswa
|
· Siswa membaca buku materi pelajaran pada buku
sumber
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa
duduk dalam kelompok masing-masing
|
15 menit
|
· Elaborasi
|
· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi
kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru
memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil
diskusi
· Guru
bersama siswa membahas soal tes
|
· Siswa
saling bantu untuk memperdalam materi dalam kelompoknya
· siswa
mengerjakan soal tes secara individu
· siswa
secara aktif membahas soal
|
15 menit
10 menit
5 menit
|
· Konfirmasi
|
· Guru
memberikan tanggapan atas jawaban
siswa
· Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan
mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru
memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti
pelajaran.
· guru
mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual
diumumkan pada pertemuan selanjutnya
|
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
bertanya
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
|
15 menit
|
3. Kegiatan
Akhir
|
· Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru
meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya yaitu menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga beli,
rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan materi
· Siswa
mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa
mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
|
10 menit
|
F.
Sarana
dan Sumber Belajar
- Sarana dan prsarana: Alat-alat
tulis
- Sumber belajar:
·
Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester
1,
·
Buku referensi lain.
I.
Penilaian
1.
Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2.
Prosedur :
a. Penilaian dalam proses
belajar.
b.
Penilaian
pada akhir pembelajaran.
2. Contoh Instrumen
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
· Menghitung
nilai keseluruhan, nilai perunit dan nilai sebagian.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga
1 lusin pensil adalah RP 18.000,00.
a.
Berapakah harga 1 buah pensil?
b.
Berapakah harga 5 buah pensil
|
Pertemuan II
A.
Tujuan Pembelajaran
-
Siswa dapat menentukan besar dan persentase laba,
rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
B.
Karakter siswa yang diharapkan :
-
Disiplin ( Discipline
)
-
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-
Tekun ( diligence
)
-
Tanggung jawab ( responsibility
)
C.
Metode Pembelajaran
-
Strategi Kooperatife Tipe STAD
D. Materi
Ajar
1.
Harga Pembelian, Harga Penjualan, Untung dan Rugi
Dalam kegiatan perdagangan terdapat penjual dan pembeli. Harga barang yang dibeli penjual dari pabrik, grosir, atau
tempat lainnya disebut modal.
Sedangkan uang yang diterima oleh pedagang dari hasil penjualan barang itu
disebut harga penjualan.
a.
Untung
Penjualan dikatakan untung jika harga penjualan
lebih tinggi daripada harga pembelian.
Untung = Harga
Penjualan – Harga Pembelian
|
b.
Rugi
Penjualan dikatakan mengalami rugi jika harga
penjualan lebih rendah daripada harga pembelian (modal).
Rugi = Harga Pembelian – Harga Penjualan
|
c.
Harga Pembelian dan Harga Penjualan
Dalam perdagangan, keuntungan dapat diperoleh
apabila harga penjualan lebih tinggi daripada harga pembelian. Karena harga
penjualan lebih tinggi daripada harga pembelian, dan besar untung sama dengan
harga pembelian, maka diperoleh hubungan berikut.
Harga Penjualan = Harga
Pembelian + Untung
Atau
Harga Pembelian = Harga
Penjualan - Untung
|
2. Persentase Untung dan Rugi
Dalam perdagangan, untung rugi sering kali
dinyatakan dengan persen. Berikut ini adalah persentase yang digunakan dalam
perdagangan.
Persentase Untung =
Persentase Rugi =
|
3.
Rabat (Diskon), Bruto, Tara, dan Neto
a.
Rabat atau Diskon
Rabat artinya potongan harga, rabat biasanya
diberikan kepada pembeli dari suatu grosir atau took tertentu. Diskon
seringkali dijadikan alat untuk menarik para pembeli, misalnya ada toko
yang melakukan obral dengan diskon 10%
sampai 50%.
Untuk
menentukan harga bersih dapat digunakan rumus:
Harga Bersih = Harga
Kotor – Rabat
|
Pada rumus di
atas, harga kotor adalah harga
sebelum dipotong diskon, dan harga
bersih adalah harga setelah dipotong diskon.
b.
Bruto, Tara, dan Neto
Sebuah karung berisi beras dengan berat
seluruhnya 100 kg. jika berat karung 0,80 kg, maka;
Berat beras = 100 kg – 0,80 kg
= 99,20 kg
Berat karung dan beras yaitu 100 kg disebut bruto (berat kotor)
Berat karung 0,80 kg disebut tara,
Berat beras 99,20 kg disebut neto (berat bersih)
Jadi hubungan bruto, tara dan neto dapat
dirumuskan sebagai berikut:
Neto
= Bruto – Tara
|
Jika diketahui persen tara dan bruto, maka untuk
mencari tara digunakan rumus:
Tara = Persen Tara Bruto
|
Untuk setiap pembelian yang mendapatkan potongan
berat (tara) dapat digunaan rumus:
Harga Bersih = Neto
|
4.
Bunga Tabungan (Bunga Tunggal)
Bunga tabungan biasanya dihitung dalam persen yang
berlaku untuk jangka waktu 1 tahun. Bunga 15% per tahun artinya tabungan akan
mendapatkan bunga 15% jika telah disimpan di bank Selma 1 tahun.
1. Bunga 1 tahun = persen bunga modal
2. Bunga b bulan = persen bunga modal
= bunga 1 tahun.
3. Persen bunga selalu dinyatakan untuk 1 tahun,
kecuali jika ada keterangan lain pada soal
|
E. Alokasi
Waktu
-
2 x 40 Menit
F. Langkah-langkah
Kegiatan
TAHAP
|
LANGKAH KEGIATAN
|
AKTIFITAS SISWA
|
WAKTU
|
1.
Kegiatan
awal
· Menyiapkan
siswa
· Menyampaikan
batasan pelajaran
· Menyampaikan
tujuan pelajaran
· Apersepsi
· Motivasi
|
· Salam,
doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru
memusatkan perhatian siswa
· Guru
memberikan batasan materi pelajaran
yaitu menentukan besar dan persentase
laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan
ekonomi.
· Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru
mengingatkan
materi tentang menghitung nilai keseluruhan,
nilai perunit dan nilai sebagian yang telah dipelajari siswa sebelumnya.
· Guru
menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual,
harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
|
· Siswa
membaca dan
Mendengarkan
· Siswa
melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
guru
· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan
mengikuti hal-hal yang disampaikan guru
|
10 menit
|
2.
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
|
· Guru
meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi
pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai besar dan
persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam
kegiatan ekonomi.
· Guru memerintahkan siswa untuk duduk dalam
kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya
|
· Siswa membaca buku materi pelajaran pada buku
sumber
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa
duduk dalam kelompok masing-masing
|
15 menit
|
· Elaborasi
|
· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi
kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru
memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil
diskusi
· Guru
bersama siswa membahas soal tes
|
· Siswa
saling bantu untuk memperdalam
materi dalam kelompoknya
· siswa
mengerjakan soal tes secara individu
· siswa
secara aktif membahas soal
|
15 menit
10 menit
5 menit
|
· Konfirmasi
|
· Guru
memberikan tanggapan atas jawaban
siswa
· Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan
mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru
memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti
pelajaran.
· guru
mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual
diumumkan pada pertemuan selanjutnya
|
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswamengajukan
pertanyaan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
|
15 menit
|
3. Kegiatan
Akhir
|
· Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru meminta siswa untuk
mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai menjelaskan pengertian skala sebagai suatu
perbandingan.
|
· Siswa
bersama guru menyimpulkan materi
· Siswa
mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa
mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
|
10 menit
|
G. Sarana dan Sumber Belajar
- Sarana dan prsarana: Alat-alat
tulis
- Sumber belajar:
·
Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester
1,
·
Buku referensi lain.
II.
Penilaian
1.
Jenis : Tertulis (Kuis Individu)
2.
Prosedur :
a. Penilaian dalam proses
belajar.
b.
Penilaian
pada akhir pembelajaran.
3. Contoh Instrumen
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
· Menentukan
besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal
dalam kegiatan ekonomi
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda
|
Seorang pedagang,
Pak Rifki menjual televise seharga RP 1.650.000,00. Dari
penjualan itu pak Rifki mengambil
untung sebesar 10%.
Harga beli televise itu adalah:
a. RP 1.815.000,00
b. RP 1.600.000,00
c. RP 1.500.000,00
d. RP
1.485.000,00
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar