Kamis, 17 Januari 2013

RPP SMP Kelas VII Semester I KD 1.2 (Elfi Wahyuni)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)             
                                             Nama Sekolah          :     .............................
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     I (Satu)
                                             Materi Pokok           :     Bilangan
                                             Alokasi Waktu         :     9 jam pelajaran
                                             Jumlah Pertemuan    :     4 x pertemuan

Standar Kompetensi : BILANGAN 
1.  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar: 
1.2.   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.
Indikator :           
·         Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
·         Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
·         Menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
·         Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

Pertemuan I
A.  Tujuan Pembelajaran
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-     Disiplin ( Discipline )
-     Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-     Tekun ( diligence )
-     Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
-     Model pembelajaran : Kooperatife Tipe STAD
D.  Materi Ajar          
Sifat-sifat penjumlahan bilangan bulat
1.    Sifat tertutup
Pada penjumlahan bilangan bulat, selalu menghasilkan bilangan bulat juga. Hal ini dapat dituliskan sebagai berikut:
Untuk setiap bilangan bulat dan , berlaku , dengan   bilangan bulat juga
2.    Sifat komutatif
Sifat komutatif disebut juga sifat pertukaran. Penjumlahan dua bilangan bulat selalu diperoleh hasil yang sama walaupun kedua bilangan tersebut dipertukarkan tempatnya. Hal ini dapat dituliskan sebagai berikut:
Untuk setiap bilangan bulat  dan , selalu berlaku
3.    Mempunyai unsure identitas
Bilangan 0 (nol) merupakan unsure identitas pada penjumlahan. Artinya, untuk sembarang bilangan bulat apabila ditambahkan dengan 0 (nol), hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Hal itu dapat dituliskan sebagai berikut:
Untuk sembarang bilangan bulat  selalu berlaku
4.    Sifat asosiatif
Sifat asosiatif disebut juga sifat pengelompokan. Sifat ini dapat ditulis sebagai berikut:
Untuk sembarang bilangan bulat  dan  berlaku
5.    Mempunyai infers
Infers suatu bilangan artinya lawan dari bilangan tersebut. Suatu bilangan dikatakan mempunyai infers jumlah, apabila hasil penjumlahan bilangan tersebut dengan infersnya (lawannya) merupakan unsure identitas (nol (0)).
Lawan dari  adalah  sedangkan lawan dari  adalah
Dengan kata lain, untuk setiap bilangan bulat selain nol pasti mempunyai lawan, sedemikian sehingga berlaku
Sifat-sifat pengurangan bilangan bulat
Pada pengurangan bilangan bulat, menguragi dengan sesuatu bilangan sama artinya dengan menjumlahkan dengan lawan pengurangannya
Secara umum, dapat dituliskansebagai berikut:
Untuk setiap bilangan  bulat  dan , maka berlaku:
Hasil pengurangan dua bilangan bulat, juga menghasilkan bilangan bulat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pada operasi bilangan bulat berlaku sifat tertutup.
Sifat-sifat Perkalian pada bilangan bulat
1.    Sifat tertutup
Untuk setiap bilangan bulat  dan selalu berlaku  dengan  juga bilangan bulat
2.    Sifat komutatif
Untuk setiap bilangan bulat  dan selalu berlaku
3.    Sifat asosiatif
Untuk setiap bilangan bulat , dan selalu berlaku
4.    Sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan
Untuk setiap bilangan bulat , dan selalu berlaku
5.    Sifat distributif perkalian terhadap pengurangan
Untuk setiap bilangan bulat , dan selalu berlaku
6.    Memiliki elemen identitas
Untuk setiap bilangan bulat selalu berlaku
Elemen identitas perkalian adalah satu (1)
Sifat pembagian bilangan bulat
1.    Pada pembagian bilangan bulat tidak bersifat tertutp
2.    Pada pembagian bilangan bulat tidak berlaku sifat komutatif
3.    Pada pembagian bilangan bulat tidak berlaku sifat asosiatif
E.  Alokasi Waktu
-     2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
LANGKAH KEGIATAN
AKTIFITAS SISWA
WAKTU
1.   Kegiatan awal
· Menyiapkan siswa


· Menyampaikan batasan pelajaran



· Menyampaikan tujuan pelajaran

· Apersepsi




· Motivasi





· Menjelaskan cara pembelajaran

· Salam, doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru memusatkan perhatian siswa
· Guru memberikan batasan materi pelajaran  yaitu menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkat materi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulatyang telah dipelajari siswa sebelumnya
· Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
· Guru menjelaskan cara belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD

· Siswa membaca dan
Mendengarkan
· Siswa melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan



· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru


· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru


· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
10 menit

2. Kegiatan  Inti
· Eksplorasi

· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan  materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat
· Guru membagi siswa dalam kelompok heterogen  yang beranggotakan 3 - 5 siswa

· Siswa  membaca buku materi pelajaran pada buku sumber
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru




· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

15 menit


· Elaborasi



· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil diskusi
· Guru bersama siswa membahas soal tes
· Siswa saling bantu untuk memperdalam  materi  dalam kelompoknya
· siswa mengerjakan soal tes secara individu

· siswa secara aktif membahas soal
15 menit




10 menit

5 menit

· Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan atas jawaban  siswa
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
· guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada pertemuan selanjutnya
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa bertanya




· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan


· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

15 menit



3. Kegiatan
    Akhir
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya yaitu menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi

· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
10 menit



G. Sarana dan Sumber Belajar
-     Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-     Sumber belajar:
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,   
·         Buku referensi lain.
H.  Penilaian
1.      Jenis                :  Tertulis (Kuis Individu)
2.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
b.   Penilaian pada akhir pembelajaran.
2.      Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
Tes tertulis
Uraian
Isilah titik-titik berikut ini
1.    a. 9 + 6 =  ....
     b. 6 + 9 = ....
   Jadi 9 + 6 = .....+ .....
Apa yang dapat kamu simpulkan.
2.    a. 3 x (5 x 4) = ....
     b. (3 x 5) x 4 = ...
   Jadi 3 x (5 x 4) = (...x...) x ...
Apa yang dapat kamu simpulkan
I.     Pedoman Penilaian
                                    Nilai (N ) =
Pertemuan II
A.  Tujuan Pembelajaran
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-     Disiplin ( Discipline )
-     Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-     Tekun ( diligence )
-     Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
-     Model pembelajaran : Kooperatife Tipe STAD
D.  Materi Ajar
Sifat-sifat operasi bilangan berpangkat
a.    Sifat perkalian bilangan berpangkat
Untuk sebarang bilangan bulat p dengan pangkat m dan n selalu berlaku
b.    Sifat pembagian bilangan berpangkat
Untuk sebarang bilangan bulat adengan pangkat m dan selalu berlaku
c.    Pemangkatan bilangan berpangkat
Untuk sebarang bilangan bulat  dengan pangkat m dan n selalu berlaku
E.  Alokasi Waktu
-     2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
LANGKAH KEGIATAN
AKTIFITAS SISWA
WAKTU
2.   Kegiatan awal
· Menyiapkan siswa


· Menyampaikan batasan pelajaran




· Menyampaikan tujuan pelajaran

· Apersepsi







· Motivasi






· Salam, doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru memusatkan perhatian siswa
· Guru memberikan batasan materi pelajaran  yaitu menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkat materi tentang menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang telah dipelajari siswa sebelumnya
· Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat .

· Siswa membaca dan
Mendengarkan
· Siswa melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan





· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru





· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru


10 menit

2. Kegiatan  Inti
· Eksplorasi

· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan  materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai penggunaan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
· Guru memerintahkan siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya

· Siswa  membaca buku materi pelajaran pada buku sumber
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru






· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

15 menit


· Elaborasi



· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil diskusi
· Guru bersama siswa membahas soal tes
· Siswa saling bantu untuk memperdalam  materi  dalam kelompoknya
· siswa mengerjakan soal tes secara individu

· siswa secara aktif membahas soal
15 menit




10 menit


5 menit
· Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan atas jawaban  siswa
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
· guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada pertemuan selanjutnya
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswamengajukan pertanyaan



· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan


· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

15 menit



3. Kegiatan
    Akhir
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
·   Guru meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi

· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
10 menit



G. Sarana dan Sumber Belajar
-     Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-     Sumber belajar:
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,   
·         Buku referensi lain.
H.  Penilaian
1.      Jenis                :  Tertulis (Kuis Individu)
2.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
c.    Penilaian pada akhir pembelajaran.
3.      Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
Tes tertulis
Uraian
1.     Apa yang dapat kamu simpulkan Hasil dari:
= ....
I.     Pedoman Penilaian
                                    Nilai (N ) =
Pertemuan III
A.  Tujuan Pembelajaran
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-     Disiplin ( Discipline )
-     Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-     Tekun ( diligence )
-     Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
-     Model pembelajaran : Kooperatife Tipe STAD
D.  Materi Ajar
Berupa soal-soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
E.  Alokasi Waktu
-     2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
LANGKAH KEGIATAN
AKTIFITAS SISWA
WAKTU
3.   Kegiatan awal
· Menyiapkan siswa


· Menyampaikan batasan pelajaran





· Menyampaikan tujuan pelajaran

· Apersepsi







· Motivasi






· Salam, doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru memusatkan perhatian siswa
· Guru memberikan batasan materi pelajaran  yaitu menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkat materi tentang menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang telah dipelajari siswa sebelumnya
· Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.

· Siswa membaca dan
Mendengarkan
· Siswa melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan





· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru





· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru


10 menit

2. Kegiatan  Inti
· Eksplorasi

· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan  materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai penggunaan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
· Guru memerintahkan siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya

· Siswa  membaca buku materi pelajaran pada buku sumber
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru






· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

15 menit


· Elaborasi



· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil diskusi
· Guru bersama siswa membahas soal tes
· Siswa saling bantu untuk memperdalam  materi  dalam kelompoknya
· siswa mengerjakan soal tes secara individu

· siswa secara aktif membahas soal
15 menit




10 menit


5 menit
· Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan atas jawaban  siswa
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
· guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada pertemuan selanjutnya
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswamengajukan pertanyaan



· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan


· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

15 menit



3. Kegiatan
    Akhir
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi

· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
10 menit



G. Sarana dan Sumber Belajar
-     Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-     Sumber belajar:
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,   
·         Buku referensi lain.
H.  Penilaian
1.      Jenis                :  Tertulis (Kuis Individu)
2.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
d.   Penilaian pada akhir pembelajaran.
4.      Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Tes tertulis
Uraian
1.     Pada hari Sabtu sugi memberi kelereng pada nugie sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu sugi memberi kelereng kepada daryono sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada nugie, asep, dan daryono ?
I.     Pedoman Penilaian
                                    Nilai (N ) =
Pertemuan IV
A.  Tujuan Pembelajaran
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-     Disiplin ( Discipline )
-     Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-     Tekun ( diligence )
-     Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
-     Model pembelajaran : Kooperatife Tipe STAD
D.  Materi Ajar
Soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.     
E.  Alokasi Waktu
-     3 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
LANGKAH KEGIATAN
AKTIFITAS SISWA
WAKTU
4.   Kegiatan awal
· Menyiapkan siswa


· Menyampaikan batasan pelajaran






· Menyampaikan tujuan pelajaran

· Apersepsi







· Motivasi






· Salam, doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru memusatkan perhatian siswa
· Guru memberikan batasan materi pelajaran  yaitu menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkat materi tentang menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari yang telah dipelajari siswa sebelumnya
· Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.

· Siswa membaca dan
Mendengarkan
· Siswa melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan






· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru





· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru

10 menit

2. Kegiatan  Inti
· Eksplorasi

· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan  materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai penggunaan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.
· Guru memerintahkan siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya

· Siswa  membaca buku materi pelajaran pada buku sumber
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru







· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

25 menit


· Elaborasi



· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil diskusi
· Guru bersama siswa membahas soal tes
· Siswa saling bantu untuk memperdalam  materi  dalam kelompoknya
· siswa mengerjakan soal tes secara individu

· siswa secara aktif membahas soal
30 menit



15 menit


10 menit
· Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan atas jawaban  siswa
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
· guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada pertemuan selanjutnya
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswamengajukan pertanyaan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan


· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

15 menit



3. Kegiatan
    Akhir
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi

· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
15 menit



G. Sarana dan Sumber Belajar
-     Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-     Sumber belajar:
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,   
·         Buku referensi lain.
H.  Penilaian
1.      Jenis                :  Tertulis (Kuis Individu)
2.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
e.    Penilaian pada akhir pembelajaran.
5.      Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

Tes tertulis
Uraian
1.     Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut?
I.     Pedoman Penilaian
                                    Nilai (N ) =

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar