Kamis, 17 Januari 2013

RPP SMP Kelas VII Semester I KD 1.1 (Rora Tri Suryaningsih)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)             
                                             Nama Sekolah          :     .............................
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     I (Satu)
                                             Materi Pokok           :     Bilangan
                                             Alokasi Waktu         :     13 jam pelajaran
                                             Jumlah Pertemuan    :     7 x pertemuan

Standar Kompetensi : BILANGAN 
1.  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar: 
1.1.   Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
Indikator :           
·         Memberikan contoh bilangan bulat
·         Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
·         Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran
·         Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat
·         Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campura desimal, persen
·         Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain
·         Mengurutkan bilangan bentuk pecahan

Pertemuan I
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari ini peserta didik dapat  memberikan contoh bilangan bulat dan dapat  menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-     Disiplin ( Discipline )
-     Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-     Tekun ( diligence )
-     Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
-     Diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas
D.  Materi Ajar          
Bilangan Negatif
Jika kita perhatikan penampang melintang bumi, tinggi suatu daratan dihitung dari permukaan air laut waktu pasang. Untuk suatu tempat yang ketinggiannya di bawah permukaan laut waktu pasang dinyatakan dengan tanda negative. Misalnya kedalaman cekungan laut adalah 80 m dibawah permukaan laut, maka ditulis -80 m. untuk daratan yang umumnya terletak diatas permukaan laut ditulis 80 m saja tanpa tanda - .
Bilangan – bilangan 1,2,3,4,… disebut bilangan bulat positif dan -1,-2,-3,… disebut bilangan bulat negatif. Himpunan bilangan positif, nol dan bilangan bulat negatif membentuk himpunan bilangan bulat. Nol(0) adalah bilangan tidak positif dan tidak negative
Bilangan bulat adalah …,-3,-2,-1,0,1,2,3,…
Dalam garis bilangan dengan arah mendatar, bilangan bulat dapat dinyatakan sebagai berikut
Bilangan bulat negative terletak disebelah kiri nol dan bilangan bulat positif terletak di sebelah kanan nol.

E.  Alokasi Waktu
-     2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
LANGKAH KEGIATAN
AKTIFITAS SISWA
WAKTU
1.   Kegiatan awal
· Menyiapkan siswa


· Menyampaikan batasan pelajaran



· Menyampaikan tujuan pelajaran

· Apersepsi



· Motivasi





· Salam, doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru memusatkan perhatian siswa
· Guru memberikan batasan materi pelajaran  yaitu contoh bilangan bulat dan letaknya dalam garis bilangan

· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkan materi tentang definisi bilangan bulat dan garis bilangan

· Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat memberikan contoh bilangan bulat dan menentukan letaknya dalam garis bilangan

· Siswa membaca dan
Mendengarkan
· Siswa melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan



· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru

· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru

10 menit

2. Kegiatan  Inti
· Eksplorasi

· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan  materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kepada siswa mengenai bilangan bulat

· Siswa  membaca buku materi pelajaran pada buku sumber
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru

15 menit


· Elaborasi

· Guru melakukan tanya jawab mengenai bilangan bulat
· Guru membimbing siswa mengerjakan soal latihan yang ada pada buku mengenai bilangan bulat dan penentuan letaknya
· Guru memberikan soal tes individu
· Siswa menjawab pertanyaan guru
· Siswa mengerjakan soal latihan pada buku




· Siswa mengerjakan soal test
15 menit






15 menit

· Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan atas jawaban  siswa
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa bertanya




· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

15 menit



3. Kegiatan
    Akhir
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi

· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
10 menit




F.   Sarana dan Sumber Belajar
-     Sarana dan prasarana: Alat-alat tulis
-     Sumber belajar:
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,   
·         Buku referensi lain.
I.       Penilaian
1.      Jenis                :  Tertulis (Kuis Individu)
2.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
b.   Penilaian pada akhir pembelajaran.
2.      Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Memberikan contoh bilangan buat
Tes tertulis
Uraian
Perhatikan daftar berikut
32,-1,0,7,-15,3,-8,-4,13,-3,25
a.       Tulislah bilangan bulat positifnya
b.      Tulislah bilangan bulat negatifnya
c.       Manakah yang bukan bilangan positif dan bilangan negatif
·    Menentukan letak bilangan bulat
Test tertulis
Uraian
Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam garis bilangan
a.       7,16,10,9,12,0
b.      8,-11,3,-16,-18,12






Pertemuan II
A.  Tujuan Pembelajaran
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-     Disiplin ( Discipline )
-     Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-     Tekun ( diligence )
-     Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
-     Strategi Kooperatife Tipe STAD
D.  Materi Ajar
1.      Penjumlahan Bilangan Bulat
Penjumlahan dua bilangan bulat dapat ditunjukkan dengan menggunakan garis bilangan
Contoh :
Penjumlahan -2+5
Dari titik 0 bergerak 2 satuan ke kiri, kemudian dilanjutkan 5 satuan ke kanan sehingga diperoleh titik akhir yaitu 3, yang merupakan hasil dari -2+5

2.      Pengurangan Bilangan Bulat
-4 lawan dari 4 atau lawan dari 4 adalah -4
2 lawan dari -2 atau lawan dari -2 adalah 2
Mengurangi dengan suatu bilangan sama saja artinya dengan menambah dengan lawan pengurangnya
3.      Perkalian Bilangan Bulat
Perkalian bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif hampir sama dengan pembulatan bilanga cacah
3×4= 4+4+4 = 12
(-4)= (-4)+ (-4)+ (-4)+ (-4)+ (-4)= -20
perkalian bilangan negatif dengan bilangan bulat positif
2×3 = 6


Berkurang 3
1×3 = 3


Berkurang 3
0×3 = 0


Berkurang 3
(-1)×3= -3


Berkurang 3
(-2)×3= -6

Perkalian dua bilangan negatif
(-1) × 2 = -2


Bertambah 1
(-1) × 1 = -1


Bertambah 1
(-1) × 0 = 0


Bertambah 1
(-1) × (-1) = 1


Bertambah 1
(-1) × (-2) = 2



4.      Pembagian Bilangan Bulat   
Pembagian adalah operasi kebalikan dari perkalian
Contoh
-6×2 = a a ×2 = -6
Nilai pengganti a yang benar adalah -3, sebab (-3)×2 = -6
E.  Alokasi Waktu
-     2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
LANGKAH KEGIATAN
AKTIFITAS SISWA
WAKTU
2.   Kegiatan awal
· Menyiapkan siswa


· Menyampaikan batasan pelajaran



· Menyampaikan tujuan pelajaran

· Apersepsi


· Motivasi




· Salam, doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru memusatkan perhatian siswa
· Guru memberikan batasan materi pelajaran  yaitu operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian termasuk operasi campuran
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkat materi tentang operasi bilangan bulat

· Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat melakukan operasi bilangan bulat

· Siswa membaca dan
Mendengarkan
· Siswa melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan



· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru
10 menit

2. Kegiatan  Inti
· Eksplorasi

· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan  materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian  bilangan bulat
· Guru memerintahkan siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya

· Siswa  membaca buku materi pelajaran pada buku sumber
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru





· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

15 menit


· Elaborasi



· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil diskusi
· Guru bersama siswa membahas soal tes
· Siswa saling bantu untuk memperdalam  materi  dalam kelompoknya
· siswa mengerjakan soal tes secara individu

· siswa secara aktif membahas soal
15 menit




10 menit

5 menit
· Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan atas jawaban  siswa
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
· guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada pertemuan selanjutnya
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswamengajukan pertanyaan



· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan


· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
15 menit



3. Kegiatan
    Akhir
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
·   Guru meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai kuadratdan pangkat tiga serta  akar kuadrat dan akar pangkat tiga
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi

· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
10 menit



G. Sarana dan Sumber Belajar
-     Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-     Sumber belajar:
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,   
·         Buku referensi lain.
II.    Penilaian
1.      Jenis                :  Tertulis (Kuis Individu)
2.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
b.   Penilaian pada akhir pembelajaran.
3.      Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pengurangan bilangan bulat termasuk operasi campuran
Tes tertulis
Uraian
Tentukan hasil perhitungan berikut:
1.      -7×{29+[(14-17)×(-18)]}
2.      {(-39+27):[-8×(-18+15)]}




Pertemuan III
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari ini peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-     Disiplin ( Discipline )
-     Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-     Tekun ( diligence )
-     Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
-     Strategi Kooperatife Tipe STAD
D.  Materi Ajar
1.      Pemangkatan dan sifat-sifatnya
Pemangkatan merupakan perkalian berulang
a2 = a x a
a3 = a x a x a
am x an = am+n
am : an = am-n
2.      Akar kuadrat bilangan kuadrat
Akar kuadrat merupakan operasi saling invers dengan operasi kuadrat. Untuk menghindari arti rangkap dari akar kuadrat maka diberi atasan bahwa setiap akar bilangan positif adalah bilangan positif.
Akar kuadrat dari bilangan positif b adalah bilangan positif  yang jika dikuadratkan akan menghasilkan b.
Jika a2 = b, maka nilai dari  =  a dengan a,b >0
3.      Akar pangkat tiga
Akar pangkat tiga merupakan operasi saling invers dengan operasi pangkat tiga.
Akar pangkat tiga dari b adalah bilangan yang dipangkatkan 3 akan menghasilkan b
Jika a3 = b maka nilai dari = a

E.  Alokasi Waktu
-     2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
LANGKAH KEGIATAN
AKTIFITAS SISWA
WAKTU
3.   Kegiatan awal
· Menyiapkan siswa


· Menyampaikan batasan pelajaran



· Menyampaikan tujuan pelajaran

· Apersepsi



· Motivasi






· Salam, doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru memusatkan perhatian siswa
· Guru memberikan batasan materi pelajaran  yaitu kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat  
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkat materi tentang kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat 
· untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang telah dipelajari siswa sebelumnya
· Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat menghitung hasil kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat 

· Siswa membaca dan
Mendengarkan
· Siswa melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan



· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru


10 menit

2. Kegiatan  Inti
· Eksplorasi

· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan  materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat 
· Guru memerintahkan siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya

· Siswa  membaca buku materi pelajaran pada buku sumber
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru





· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

15 menit


· Elaborasi



· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil diskusi
· Guru bersama siswa membahas soal tes
· Siswa saling bantu untuk memperdalam  materi  dalam kelompoknya
· siswa mengerjakan soal tes secara individu

· siswa secara aktif membahas soal
15 menit




10 menit


5 menit
· Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan atas jawaban  siswa
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
· guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada pertemuan selanjutnya
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswamengajukan pertanyaan



· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan


· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

15 menit



3. Kegiatan
    Akhir
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru memberitahukan pertemuan selanjutnya adalah ulangan harian dan guru meminta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya mengenai berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi

· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
10 menit



H.  Sarana dan Sumber Belajar
-     Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-     Sumber belajar:
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,   
·         Buku referensi lain.
I.     Penilaian
4.      Jenis                :  Tertulis (Kuis Individu)
5.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
c.    Penilaian pada akhir pembelajaran.
4.      Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat

Tes tertulis
Uraian
Selesaikanlah soal berikut
1.     (-19)2
2.     83
3.    
4.    

Pertemuan IV = Ulangan Harian
Pertemuan V
A.    Tujuan Pembelajaran
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: pecahan biasa, campuran, desimal, persen dan permil
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat mengurutkan pecahan
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-     Disiplin ( Discipline )
-     Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-     Tekun ( diligence )
-     Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
-     Diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas
D.  Materi Ajar
1.      Pecahan senilai

2.      Membandingkan 2 pecahan
Misalkan pecahan  dan 
 dan
Karena > maka  > 
3.      Pecahan desimal
2345,678 adalah bilangan desimal dengan  tiga tempat desimal, karena memiliki 3 angka dibelakang koma. Bilangan satuan dan persepuluhan dipisahkan dengan tanda koma.
4.      Persen dan permil
Persen adalah pecahan dengan penyebut 100, persen berarti per seratus. Lambang persen adalah %.
Untuk setiap pecahan dengan b ≠ 0, jika dinyatakan dalam bentuk persen menjadi . Jadi .
Pecahan dengan penyebut 1000 disebut permil. Permil berarti perseribu. Lambang permil adalah
Untuk setiap pecahan dengan b ≠ 0, jika dinyatakan dalam bentuk persen menjadi . Jadi .
E.  Alokasi Waktu
-     2 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
LANGKAH KEGIATAN
AKTIFITAS SISWA
WAKTU
4.   Kegiatan awal
· Menyiapkan siswa


· Menyampaikan batasan pelajaran

· Menyampaikan tujuan pelajaran

· Apersepsi


· Motivasi





· Salam, doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru memusatkan perhatian siswa
· Guru memberikan batasan materi pelajaran  yaitu bentuk dan jenis bilangan pecahan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkan materi tentang bilangan bulat

· Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat mengetahui bentuk dan jenis bilangan pecahan


· Siswa membaca dan
Mendengarkan
· Siswa melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru

10 menit

2. Kegiatan  Inti
· Eksplorasi

· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan  materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kepada siswa mengenai bilangan bulat

· Siswa  membaca buku materi pelajaran pada buku sumber
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru

15 menit


· Elaborasi

· Guru melakukan tanya jawab mengenai bilangan pecahan
· Guru membimbing siswa mengerjakan soal latihan yang ada pada buku mengenai bilangan pecahan
· Guru memberikan soal tes individu
· Siswa menjawab pertanyaan guru
· Siswa mengerjakan soal latihan pada buku




· Siswa mengerjakan soal test
15 menit






15 menit

· Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan atas jawaban  siswa
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa bertanya




· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

15 menit



3. Kegiatan
    Akhir
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya yaitu operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi

· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
10 menit




J.    Sarana dan Sumber Belajar
-     Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-     Sumber belajar:
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,   
·         Buku referensi lain.
K. Penilaian
5.      Jenis                :  Tertulis (Kuis Individu)
6.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
d.   Penilaian pada akhir pembelajaran.
5.      Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: pecahan biasa, campuran, desimal, persen dan permil
Tes tertulis
Uraian
Tulislah masing-masih 5 contoh bentuk dari berbagai jenis pecahan!
·    Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan lainnya


Nyatakan pecahan berikut kedalam bentuk senilai, desimal, persen dan permil:

·    Mengurutkan pecahan


Urutkan pecahan- pecahan berikut dari yang terkecil
,0,6

Pertemuan VI
A.    Tujuan Pembelajaran
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan pangkat bilangan pecahan Setelah mempelajari ini peserta didik dapat menuliskan bilangan pecahan bentuk baku
-     Setelah mempelajari ini peserta didik dapat menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal
B.  Karakter siswa yang diharapkan :
-     Disiplin ( Discipline )
-     Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-     Tekun ( diligence )
-     Tanggung jawab ( responsibility )
C.  Metode Pembelajaran
-     Strategi Kooperatife Tipe STAD
D.  Materi Ajar
1.      Penjumlahan dan pengurangan pecahan
a.       Hasil penjumlahan atau pengurangan pecahan-pecahan yang memiliki penyebut sama dapat diperoleh dengan cara menjumlahkan atau mengurangkan pembilang-pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap
b.      Jika pecahan-pecahan yang akan dijumlahkan atau dikurangkan memiliki penyebut yang berbeda, terlebih dahulu disamakan penyebutnya
c.       Jika terdapat pecahan campuran maka ubahlah terdahulu ke dalam bentuk pecahan biasa
2.      Perkalian pecahan
a.       Hasil kali pecahan diperoleh dengan cara mengalikan penyebut dengan penyebut dan pembilang dengan pembilang
b.      Jika dalam perkalian pecahan terdapat pecahan campuran, maka pecahan campuran harus dinyatakan terlebih dahulu sebagai pecahan biasa
3.      Pembagian pecahan
Untuk sebarang pecahan  dan  dengan b,d 0 berlaku
Pecahan  adalah kebalikan dari
4.      Perpangkatan pecahan
(-3)4 =(-3) x (-3) x (-3) x (-3)
(-3) disebut bilangan pokok dan 4 disebut eksponen atau pangkat
Perkalian sebanyak n faktor dimana b0 dan n bilangan bulat positif.                            
5.      Bentuk baku bilangan
a.       Bentuk baku bilangan besar dinyatakan dengan a x 10n dengan 1≤ a< 10 dan n adalah bilangan asli
b.      Bentuk baku bilangan kecil dinyatakan dengan a x 10-n dengan 1≤ a< 10 dan n adalah bilangan asli
E.  Alokasi Waktu
-     4 x 40 Menit
F.   Langkah-langkah Kegiatan
TAHAP
LANGKAH KEGIATAN
AKTIFITAS SISWA
WAKTU
5.   Kegiatan awal
· Menyiapkan siswa

· Menyampaikan batasan pelajaran

· Menyampaikan tujuan pelajaran

· Apersepsi


· Motivasi






· Salam, doa, baca Alquran, dan absensi
· Guru memusatkan perhatian siswa
· Guru memberikan batasan materi pelajaran  yaitu operasi bilangan pecahan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang hendak dicapai
· Guru mengingatkat materi tentang bentuk dan jenis pecahan 
· Guru menyampaikan bahwa apabila materi ini dikuasai dengan baik maka siswa dapat menyelesaikan operasi bilangan pecahan 

· Siswa membaca dan
Mendengarkan
· Siswa melaksanakan perintah guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru
· Siswa memperhatikan pengarahan guru dan mengikuti hal-hal yang disampaikan guru


10 menit

2. Kegiatan  Inti
· Eksplorasi

· Guru meminta siswa membaca bahan pelajaran terkait dengan  materi yang sedang dipelajari
· Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran dengan memberikan pengetahuan terbatas kapada siswa mengenai operasi bilangan pecahan
· Guru memerintahkan siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya

· Siswa  membaca buku materi pelajaran pada buku sumber
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru



· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

15 menit


· Elaborasi



· Guru membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok untuk penguatan materi yang telah diberikan secara terbatas
· Guru memberikan tes yang sifatnya individual, setelah itu merekap skor hasil diskusi
· Guru bersama siswa membahas soal tes
· Siswa saling bantu untuk memperdalam  materi  dalam kelompoknya
· siswa mengerjakan soal tes secara individu

· siswa secara aktif membahas soal
15 menit




10 menit


5 menit
· Konfirmasi
· Guru memberikan tanggapan atas jawaban  siswa
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
· Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
· Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti pelajaran.
· guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan.
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswamengajukan pertanyaan



· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

· Siswa mendengarkan dan memperhatikan


· Siswa mendengarkan dan memperhatikan

15 menit



3. Kegiatan
    Akhir
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
· Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk pemantapan materi.
· Guru memberitahukan pertemuan selanjutnya adalah ulangan harian
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi

· Siswa mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan
· Siswa mendengarkan
10 menit



L.  Sarana dan Sumber Belajar
-     Sarana dan prsarana: Alat-alat tulis
-     Sumber belajar:
·         Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,   
·         Buku referensi lain.
M.Penilaian
6.      Jenis                :  Tertulis (Kuis Individu)
7.      Prosedur          :  a.  Penilaian dalam proses belajar.
e.    Penilaian pada akhir pembelajaran.
6.      Contoh Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan pangkat bilangan pecahan
 

Tes tertulis
Uraian
Hitunglah:
1.     =
2.     =
3.     1 ½ x ¾ =
4.     =
5.    

Pertemuan VII : Ulangan Harian

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar